Disdikpora Boyolali

Pesan Presiden Jokowi pada Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Raimuna Nasional XI Tahun 2017

14 Ags 2017 16:42:00

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta, (14/8/2017). Presiden Jokowi sekaligus meresmikan Raimuna Nasional XI tahun 2017.

Memasuki Hari Jadi Pramuka yang ke-56,  Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, mengingatkan pentingnya peran pramuka dalam menjaga kesatuan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi berpesan, Pramuka Indonesia selalu produktif, inovatif dan kreatif agar menghasilkan karya yang dapat membangggakan bangsa Indonesia. Ia yakin Pramuka Indonesia bisa terus berkembang menjadi generasi penerus bangsa yang semakin unggul dan maju.

“Saya yakin generasi Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi yang petarung dan bukan pecundang”, kata Jokowi dalam sambutannya.

“Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif, yang produktif. Seorang Pramuka itu harus berani, termasuk berani melakukan inovasi. Seorang Pramuka itu harus terampil, termasuk terampil dalam menggunakan teknologi secara positif”, pesan Jokowi kepada Pramuka.

Sebelumnya, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, meminta kepada seluruh Pramuka agar menerapkan nilai Pramuka saat beraktivitas di media sosial.

"Ingat, setiap Pramuka adalah kantor berita, hafalkan 10 tugas Pramuka dan sebarkan di media sosial. Pesan persatuan, kebinekaan, jiwa muda, kreatif, inovatif, berkarakter harus muncul dalam apa yang kalian posting di media sosial," kata Adhyaksa.

Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-56 sekaligus Raimuna Nasional XI tahun 2017 diikuti oleh Pramuka yang berusia 16-25 tahun yang berasal dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia dan perwakilan Pramuka dari luar negeri, antara lain Malaysia, Singapura, Taiwan, Pakistan, Nepal, India dan Bangladesh. Tema yang diangkat yaitu, "Pramuka untuk Masa Depan Indonesia".

Pada acara ini ditampilkan berbagai pertunjukan antar lain, parade drum band, Tarian Raimuna yang dibawakan oleh Pramuka Kwartir Daerah Papua, dan keterampilan Pramuka lainnya. Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-56 dan Raimuna Nasional XI tahun 2017 turut dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain yaitu, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F. Moeloek, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (Anandes Langguana/Erika Hutapea)


Sumber : kemdikbud

Dibaca sebanyak : 280 kali

   

Berita lainya